UEFA Selidiki Legalitas Bintang Naturalisasi Tim nasional Ukraina

Soal bintang naturalisasi pada nyatanya tak cuma dirasakan Ezra Walian saja, namun jua Junior Moraes. Legalitas bintang naturalisasi tim nasional Ukraina itu dipermasalahkan induk sepakbola Eropa, UEFA.

Junior Moraes dinilai melakukan pelanggaran peraturan FIFA tentang waktu tinggalnya di Ukraina. Sekarang UEFA tengah menyelidiki kasus bintang asal Brasil itu usai sebelumnya Portugal serta Luksemburg melakukan protes pada keberadaannya di gelanggang kala menjalani pertandingan kualifikasi Euro 2020 minggu kemarin.

Di dalam peraturan yang tertera di dalam statuta FIFA tentang bintang yang berganti kewarganegaraan, tiap-tiap bintang dituntut buat menetap pada negeri barunya setidaknya sejauh 5 tahun berturut-turut. Sedangkan Moraes menginjakkan kakinya awalnya di Ukraina saat 2012 silam.

Apabila ditengok melalui periode itu, bintang berumur 31 tahun ini sebenarnya telah masuk di dalam kategori 5 tahun yang dimaksud. Tapi, yang jadi soal ialah, eks bintang Dynamo Kiev itu sudah dipinjamkan menuju tim Cina, Tianjin Tianhai, 2017 silam.

Berarti, periode 5 tahun berturut-turut yang telah ditetapkan FIFA tak dapat dipenuhi sang bintang guna berjersey Ukraina. Jika penyelidikan UEFA mendatang bisa dibuktikan, status naturalisasi sang pesepakbola dapat dibatalkan.

Laporan itu jelas amat merugikan anak didik Andriy Shevchenko. Sebab bintang yang sekarang membela Shakhtar Donetsk ini belum lama melakoni debut gemilangnya kala menahan seri Portugal tanpa goal tengah minggu kemarin.

Tagged: Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published.